Pondok Modern Al-Aqsha merupakan pondok yang tak pernah mengenal kata lelah. Bagaimana tidak? Pondok kami melaksanakan ujian kurang lebih 1 Bulan. Minggu pertama adalah ujian tahfidz untuk para santri khusus unit tahfidz. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT  telah ada yang hafalannya mencapai 3-10 juz. Diminggu kedua Ujian Syafahi ( lisan). Ujian ini  melatih antara mental, kepercayaan diri, dan pelajaran yang sudah dipelajarinya. Materi yang diujiankan dalam ujian syafahi adalah bahasa Arab, bahasa Inggris dan Fiqh. Masing-masing santri masuk kedalam ruang ujian dimana didalam nya telah hadir asatidz dan asatidzah yang telah menyiapkan berjuta pertanyaan untuk para santrinya. Minggu ketiga dan keempat yakni Ujian Tahriri ( tulis ), kurang lebih adalah 20 mata pelajaran yang diujikan baik materi umum maupun pesantren. Seperti, Matematika, IPA, IPS, PKN, Nahwu, Shorof, Muthola’ah, Mahfudzot, Ulumul Quran, Ushul Fiqh, Musthalahul Hadits, dan masih banyak lagi. Setiap waktu dimanapun tempatnya tak kenal rasa letih untuk belajar agar bisa mendapat hasil yang bagus dan membanggakan kedua orang tua.

Setelah pusing-pusing dalam ujian. Pondok Modern Al-Aqsha mengadakan kegiatan dengan tema ” AL-AQSHA SMART AND OPPMA TOURNAMENT” hal ini diadakan untuk mengisi kekosongan waktu dalam seminggu ini. perlombaan yang di adakan berkaitan dengan seni dan olahraga yang disingkat menjadi PORSENI. Setiap santri ikut berpartisipsai dalam kegiatan ini. Yang dilombakan diantaranya badminton, lompat tinggi, komik, dongeng, ukir sabun dan masih ada lagi. Keseruan para santri menggentarkan pondok. Tawa riang terdengar disetiap sudut pondok, senyum yang merekah terlukis ditiap wajahnya. Sportifitas menjadi nilai utama dalam perlombaan ini. Acara dibuka pada hari Jum’at oleh bapa Dono Sukiman sebagai koordinator pengasuhan dengan penyerahan penyematan kepada ketua pelaksana kegiatan. OPPMA TOURNAMENT  berlangsung pada  pukul 12.30 WIB sampai selesai. Di pagi harinya setelah sholat subuh adalah tahsin dan tahfidz setelah itu istirahat makan. Pukul 07.30 dilanjut dengan peningktan bahasa dan penyuluhan BK. pada malam harinya Kajian Kitab Kuning di Masjid Al-aqsha. Mudah-mudahan dengan acara seperti ini bisa meningkatkan kualitas santri dalam segala bidang. Belajarlah jangan tunggu malas karena inilah waktu emas.

hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)