23-24 Februari 2019, Tepatnya pada hari Sabtu dan Ahad Pondok Modern Al-Aqsha membuat sejarah yang tak akan terlupakan. Ini kali pertamanya Al-Aqsha mengadakan Perlombaan antar SD/MI Se-Jawa Barat. Hal ini perlu diacungi jempol, meskipun ini perdana tetapi acara berjalan sangat meriah.

               Bahkan peserta mencapai kurang lebih 300 peserta dari 68 Sekolah. Para peserta menampilkan penampilan yang terbaiknya untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik dan meraih juara. Acara berlangsung pukul 08.00-16.00 WIB.

               Pembukaan ISSAC 2019 dihadiri oleh beberapa perwakilan dari dinas provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Sumedang. Sambutan-sambutan yang disampaikan memberikan inspirasi kepada setiap peserta. Mudirul Ma’had Pondok Modern Al-Aqsha membuka langsung kegiatan ini yang ditandai dengan pukulan gong dan tarian. Dalam sambutan mudir sangat berharap agar Pondok Modern Al-Aqsha menjadi lebih baik lagi. selain itu beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada segenap tamu undangan apabila penyambutannya kurang begitu berkenan.

               Dihari Sabtu perlombaan yang berlangsung diantaranya: Kaligrafi, MTQ, MHQ, Adzan, Pidato, Babak penyisihan LCC. Para juri profesional ikut serta dalam perlombaan.Pada siang harinya meskipun terguyur air hujan tetapi acara tetap berlanjut hingga usai. Setiap finalis menampillkan penampilan terbaiknya dihadapan para juri, untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.

              Pada hari Ahad acara dilanjut dengan final LCC, pidato serta qosidah yang berlangsung di panggung utama ISSAC. final berlansung hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian, dilanjut dengan hiburan dari para artis yang dimeriahkan oleh kedatangannya artis dari Khazan Nasyid, kebetulan salah satu personilnya adalah alumni Pondok Modern Al-Aqsha dan beberapa grup lainnya. Sekaligus dengan pembacaan juara di selang penampilan. Setiap perwakilan sekolahnya datang pada waktu ini. rasa senang, terharu, sedih terlukis disetiap wajah setiap orang. Alhamdulillah dengan kesungguhan dalam berusaha menghasilkan hal yang terbaik pada hakikatnya.