Pondok Modern Al-Aqsha (selanjutnya disebut dengan PM Al-Aqsha) berlokasi di jalan Raya Jatinangor kelurahan Cibeusi Jatinangor Kabupaten Sumedang. Meskipun secara demografi letak PM Al-Aqsha ini berada di wilayah Kabupaten Sumedang, namun PM Al-Aqsha ini pada hakekatnya berada di sekitar kawasan pendidikan Jatinangor, sekitar ± 1 Km dari Cileunyi Cinunuk Kab Bandung atau pertengahan antara Cileunyi dan Jatinangor. Tepatnya, Lokasi PM Al-Aqsha berada di ujung barat Kab Sumedang, yaitu di wilayah perbatasan antara Kab Sumedang dengan Kab Bandung.PM Al-Aqsha didirikan pada tanggal 21 Rajab 1414 H atau 2 Februari 1994 M. yang operasionalnya dimulai pada tahun pelajaran 1994/1995. secara kelembagaan, PM Al-Aqsha berada di dalam sebuah Yayasan Al-Aqsha yang didirikan pada tahun yang sama. Kemudian secara yuridis Yayasan ini dilegalkan pada tanggal 27 Agustus 1996 dengan akta notaris No. 10 Tahun 1996 oleh notaris Anita Sukarna Takariawan, SH. Sesuai dengan akta notaris tersebut, badan pendiri Yayasan Al-Aqsha ini adalah KH. Hasan Abdullah Muhyi, Bapak Abo Hidayat, dan Bapak Drs. Mukhlis Aliyudin M.Ag.

Melalui rapat badan pendirinya, Yayasan Al-Aqsha membentuk sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren yang dinamakan Pondok Modern Al-Aqsha dan menunjuk Bapak Drs. Kyai Mukhlis Aliyudin, M.Ag sebagai penanggung jawab sekaligus sebagai pengasuh pondok.

Pendirian Pondok Modern Al-Aqsha dilatarbelakangi oleh kehendak yang tinggi dari para pengurus Yayasan akan adanya lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi ummat Islam yang berkualitas baik dalam ilmu agama maupun ilmu umum. Untuk tujuan dimaksud Pondok Modern Al-Aqsha sejak awal pendiriannya hingga kini (1994-2010) membawahi dua lembaga pendidikan formal, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kulliyatul al-Muallimin wa al-Muallimat al-Islamiyah (KMMI). Secara operasional kedua lembaga di atas tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena keduanya dipadukan dalam sebuah wadah pendidikan yang disebut dengan SMP Plus Pondok Modern Al-Aqsha. SMP Plus ini kemudian dikenal secara administratif dengan nama SMP Plus Al-Aqsha.



Kurikulum yang digunakan di SMP Plus Al-Aqsha mengacu pada kurikulum Pendidikan Nasional dan kurikulum Pondok Modern Gontor yang dipadukan dengan kurikulum pesantren salafi. Kurikulum Depdiknas digunakan sebagai kurikulum formal SMP Plus Al-Aqsha, sedangkan kurikulum Pondok Modern Gontor dan kurikulum salafi digunakan sebagai kurikulum plus atau muatan lokalnya. Perpaduan kurikulum di atas diharapkan menjadi ciri khas SMP Plus Al-Aqsha yang didedikasikan untuk mencetak para santri/siswi agar memiliki kompetensi baik di bidang pengetahuan umum maupun di bidang pengetahuan agama.

Sistem pendidikan di SMP Plus Al-Aqsha adalah sistem pendidikan yang berbasis pondok pesantren, dikatakan demikian karena siswa SMP Plus Al-Aqsha diwajibkan untuk bermukim di pesantren atau diasramakan. Siswa yang tidak tinggal di asrama hanya dikhususkan bagi mereka yang bertempat tinggal di sekitar lingkungan SMP Plus Al-Aqsha yang setiap awal tahun pelajaran quotanya dibatasi. Tujuan pendidikan SMP Plus Al-Aqsha secara spesifik dapat diketahui melalui motto pendidikan SMP Plus Al-Aqsha dan panca jiwa Pondok Modern Al-Aqsha yaitu:

Motto Pendidikan SMP Plus Al-Aqsha :

1. Berbudi tinggi

2. Berbadan sehat

3. Berpengetahuan luas

4. Berfikir kreatif dan dinamis

Sedangkan Panca Jiwa Pondok Modern Al-Aqsha sendiri adalah:

1. Keikhlasan

2. Kesederhanaan

3. Berdikari

4. Ukhuwah Islamiyah

5. Kebebasan

  • Informasi Pendaftaran

    Informasi Pendaftaran

    INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BARU
    TAHUN PELAJARAN 2020-2021

  • Tes Penerimaan Calon santri Baru Jalur Prestasi

    Tes Penerimaan Calon santri Baru Jalur Prestasi

    Panitia Penerimaan Santri Baru (PSB) SMP dan SMA Plus Al-Aqsha pada hari Ahad (23/2) melaksanakan tes calon santri baru lewat jalur prestasi. Seleksi lewat jalur prestasi ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh PSB. Hal ini karena pada PSB tahun-tahun sebelumnya hanya membuka penerimaan lewat jalur regular saja.

    Peserta […]

  • PPM ALG UNPAD 2019 ” Kesiapan Santri Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Etos Hijau”

    PPM ALG UNPAD 2019 ” Kesiapan Santri Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Etos Hijau”

    Pada hari Senin  tanggal 5 Agustus 2019 Pondok Modern Al-Aqsha kedatangan tamu yang berasal dari  Universitas Padjajaran Jatinangor Sumedang. Acara ini berdasarkan tawaran langsung dari Universitan Padjajaran itu sendiri dengan  dihadiri oleh para DR DAN Professor yaitu

    Prof.Dr.Diana Harding, M.Si, Psikolog
    D.Anissa Lestari Kadiyono, M.Psi, Psikolog
    Dr.Hery Wibowo, S.Psi, […]

  • Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy dan  Apel Tahunan

    Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy dan Apel Tahunan

                                                                                                  […]

  • Ramadhan Ala Santri

    Ramadhan Ala Santri

    Assalammualaikum, akhi ukhti gimana puasa nya sekarang? waktu memang terasa sangat cepat tak bisa terhitung lama, kini ramadhan akan segera usai. Sedih rasanya meninggalkan bulan yang mulia ini, dimana dibukakannya Surga dan ditutup Neraka oleh Allah SWT. Setiap perbuatan baik yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini walaupun hanya […]

  • Silahturahmi Calon Wali Santri Dengan Pimpinan

    Silahturahmi Calon Wali Santri Dengan Pimpinan

    Tanggal 19 Mei 2019 atau 14  Ramadhan 1440 Pondok Modern Al-Aqsha mengadakan Silahturahmi calon wali santri dengan Bapak Pimpinan yaitu DR.KH.Mukhlis Aliyudin M.ag.  Dihadiri oleh beberapa pimpinan Pondok Modern Al-Aqsha diantaranya, Kepala Sekolah SMP Bp. Oih Baihaqi, M.pt, M.pd, Kepala Sekolah SMA Bp. Apip Hadisusanto M.M, Kepala pengasuhan santri […]