KOTA KALER – Pondok Modern Al-Aqsha berhasil menjadi juara 3 dalam lanjutan Liga Santri KASAD 2022 walau sempat mengalami kekalahan di pertandingan semifinal dengan skor tipis 1-0. Kekalahan tersebut saat mengahadapi big match melawan Al-Ma’soem di Stadion Ahmad Yani Sumedang pada hari Senin (27/6).

Kekalahan tersebut terjadi karena Pesantren Al-Ma’soem mendapatkan peluang emas melalui bola yang mengenai pemain dan melakukan tendangan chip shot diluar kotak penalty, pada awalnya bola tersebut mengenai tanah namun memantul ke gawang sehingga kiper PM Al-Aqsha mati langkah, factor tesebut terciptanya gol dengan skor 1-0 untuk Al-Maso’em.

Pada akhir pelaksanaan Liga Santri KASAD 2022, PM Al-Aqsha mendapatkan hadiah dari Liga Santri Tersebut sebesar Rp.1.000.000. Untuk juara kedua dan pertama mendapatkan sebesar Rp.1.500.000 untuk Pesantren Darul Hikam dan Rp.2.000.000 pasca Al-Masoem mengalahkan Pesantren Darul Hikam dengan skor 2-0. Pertandingan tersebut selesai pada hari Sabtu (29/6) dan dilaksanakan selama 9 Hari.

Dikutip dari situs Resmi Al-Mas’oem, Liga Santri Kasad 2022 merupakan pertandingan tentang sportifias, hal itu dikatakan oleh H.Umuh Muchtar selaku tamu kehormatan karena dalam dunia olahraga sportifitas itu paling utama, dengan sportivitas tersebut dapat mengantarkan nama baik ke tingkatan yang lebih tinggi. “Kemenangan memang penting, tapi berjiwa sportif itu sangat lebih jauh penting.” Kata Muchtar.

Antusias Supprter PM Al-Aqsha dalam menonton Liga Santri Kasad 2022

Walau mengalami kekalahan, antusias perjuangan PM Al-Aqsha tak kalah penting, karena supporter Al-Aqsha memberikan dukungan kepada para pemain dari PM Al-Aqsha dengan chant yang menggema. Pendukung PM Al-Aqsha bukan saja datang dari pemain dan pelatih, juga datang dari Civitas Al-Aqsha seperti para penghuni Al-Aqsha Regency Cikubang, Unit Tahfidz, Unit Tim Darul Kutub (TDK), Asatidz-Ustadzat, Guru-Guru SMP-SMA, bahkan Pimpinan PM Al-Aqsha K.H Mukhlis Aliyudin M.Ag juga meberikan euforia dukungan yang besar dalam memberikan dukungan nya melalui do’a dan menghadiri pertandingan semifinal match tersebut untuk menambah semangat dan mental pemain PM Al-Aqsha. Santri Al-Aqsha juga memberikan dukungan yang sangat spektakuler baik dari Alumni PM Al-Aqsha, Santri Al-Aqsha yang masih mondok, dan santri yang menonton melalui streaming online.

Faktor tersebut menjadi kunci keberhasilan PM Al-Aqsha bisa melaju ke semifinal dan meraih juara tiga Liga Santri Kasad 2022, walau jam terbang latihan dikit disaat latihan tersebut bersamaan dengan waktu kegiatan Ujian Akhir Sekolah. Dan rombongan supporter Al-Aqsha dengan menaiki motor dan mobil menuju stadion Ahmad Yani juga menjadi ajang silaturrahim dalam memberi dukungan kepada Pemain PM Al-Aqsha berserta coach dan manager, juga sebagai moodboster bagi mereka. (Muhammad Iqbal Azis)