SUMEDANG – Liga Santri Kabupaten Sumedang Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) merupakan kompetisi Sepak Bola yang diadakan dengan dukungan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), hal itu bertujuan untuk mencari potensi bakat santri dalam bidang sepak bola.

Tim sepak bola Al-Aqsha yang diisi para santri SMA Plus Al-Aqsha mengikuti kegiatan Liga Santri untuk menunjukan bahwa santri juga banyak yang bertalenta dalam bermain sepakbola.

Pembukaan Liga Santri 2022 Piala Kasad di Stadion Ahmad Yani Kel. Kota Kaler Kec.Sumedang Utara

Dilansir dari website resmi Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Sebanyak tujuh pondok pesantren mengikuti kompetisi Liga Santri 2022 Piala Kasad yang dilaksanakan di Stadion Ahmad Yani, Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara. Liga Santri Piala Kasad dibuka resmi oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pada Selasa (21/6) pagi hari. Kata Letkol Infanteri Zaenal Mustafa selaku panitia pelaksana Liga Santri Kasad mengatakan, Liga Santri digelar sampai tanggal 29 Juni 2022 dengan jadwal pertandingan yang diadakan pada pukul 14.00 atau 14.30 siang hari, dengan diadakannya Liga Santri, menurutnya sebagai bentuk kepedulian TNI AD pada persepakbolaan terhadap santri.

Persiapan untuk mengikuti Liga Santri sudah dimulai sejak hari Minggu (12/6), yaitu dengan melakukan uji tanding dengan Pondok Pesantren Ulumul Qur’an agar mendapatkan “jam terbang” untuk mengikuti pertandingan Liga Santri Piala Kasad 2022. Briefing yang diberikan kepada tim Sepak Bola Pesantren Al-Aqsha adalah ketika melakukan uji coba pada pertandingan sebelumnya, yaitu agar tidak terbawa ritme lawan ketika bertanding, membentuk karakter permainan dengan ritme sepak bola yang baik.

Supporter PM Al-Aqsha merupakan salah satu faktor kemenangan Al-Aqsha yang terus menyemangati.

Tujuh tim yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Pondok Pesantren(PP) Ulumul Qur’an, PP Al-Marzuqyah, PP Al Ma’soem, PP Al-Ma’mun, Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha, PP Persis 40 Sarongge dan PP Darul Hikam.

Pada match pertama, Selasa (21/6), Pesantren Al-Aqsha berhasil mengalahkan PP Persis 40 Sarongge dengan Skor 2-1. Hasil tersebut memberikan 3 poin bagi tim pada babak penyisihan grup.

Pada match kedua babak penyisihan, tim Al-Aqsha bertanding dengan PP Al-Ma’mun pada hari Sabtu (25/6), pada babak pertama, gol pertama tercipta oleh Shahan pada menit 15 dengan tembakan chip shot melalui umpan dari tendangan pojok. Alhasil skor menjadi 1-0 hingga akhir babak pertama. Pada Babak kedua, tim Al-Aqsha kembali menguasai pertandingan walau sempat terjadi beberapa foul dengan PP Al-Ma’mun, alhasil tim Al-Aqsha berhasil menambah kedudukan skor menjadi 2-0 berkat gol dari Ali Khadim pada menit ke 63.

Sebelum penghujung waktu babak kedua, terciptalah gol ketiga sehingga tim Al-Aqsha menambah keunggulan menjadi 3-0 dengan tendangan dari Rifky pada menit ke 87. Skor pun berakhir dengan 3-0 hingga turun minum pada babak kedua. Dengan skor telak, Al-Aqsha berhasil menjadi pemuncak klasemen dan melaju ke babak semifinal. (Muhammad Iqbal Azis)