JATINANGOR – Pondok Modern Al-Aqsha mengadakan seminar Pembentukan Karakter (Character Building Seminar) dalam rangka untuk membentuk empati dan sifat karakter positif. 902 Santri SMP baik putra dan putri berkumpul untuk berpartisipasi dalam program bertema ‘Bullying No Way’, yang diselenggarakan pada Selasa (21/11/2023) di bawah Tim Emotional and Spiritual Quotient (ESQ), Tim Kurikulum SMP dan Badan Konseling (BK) PM Al-Aqsha. Acara ini diisi oleh pemateri yaitu Pelatih ESQ Sandi Muharam Agustian yang berfokus pada penyampaian keterampilan hidup dan memupuk pendekatan holistik (pendekatan emosional) terhadap pengembangan diri yang terkait dengan ESQ.

Pemateri memberikan materi ESQ melalui media Games 5 Jari.

Tujuan utama PM Al-Aqsha dari lembaga SMP, Kesiswaan dan BK mengadakan seminar ESQ Character Buliding dengan tujuan untuk menyelami kedalaman karakter santri Al-Aqsha baik secara kecerdasan emosional, pertumbuhan spiritual, dan pengembangan kehidupan yang seimbang serta meminimalisir maraknya peristiwa Bullying yang terjadi di setiap sekolah ataupun pesantren. Kegiatan ini dimulai dari jam 07.00 sampai pukul 11.30 untuk sesi pertama (Putri), untuk sesi kedua (Putra) dimulai dari pukul 13.00 sampai 16.00 yang bertempat di Aula lantai 2 putra.

Para Peserta Seminar ESQ Santri SMP Plus Al-Aqsha.

Acara seminar dibagi menjadi dua sesi karena untuk memastikan pengalaman belajar yang efektif dan personal tanpa ada campur santri dan santriwati, alhasil keberhasilan seminar ini berjalan dengan baik berkat bimbingan Pelatih ESQ Sandi Muharam Agustian dan kerjasama kolaboratif dengan pihak BK, kesiswaan serta para tenaga pengajar yang berpartisipasi dalam melakukan bimbingan belajar tentang “Bahaya Bullying”.

Untuk menghindari Bullying, pemateri juga memberikan materi berupa ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) yabg tidak hanya diajarkan secara teoritis. namun juga harus diiringi dengan praktik dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat berdampak terhadap pembentukan karakter santri tentang “Anti Bullying”,  serta meningkatkan kecerdasan emosional, pertumbuhan spiritual, keseimbangan hidup, keterampilan komunikasi, pengembangan karakter, pertumbuhan pribadi, dan membangun hubungan sosial dengan baik dan benar tanpa merendahkan seseorang.

Penyerahan Cindramata ESQ bersama Kepala Sekolah SMP Plus Al-Aqsha, Al-Ustadz Oih Baihaki (Kanan).

Point Materi Utama dalam Seminar ESQ adalah :

  1. Kecerdasan Emosional: Memahami dan mengelola emosi untuk ketahanan terhadap stres dan motivasi diri.
  2. Kecerdasan Spiritual: Mencari makna hidup, terhubung dengan kekuatan yang lebih tinggi, dan mengadopsi etika dan moralitas (Sopan Santun).
  3. Keseimbangan Hidup: Menjaga keseimbangan pribadi dan mengutamakan kesehatan fisik dan mental.
  4. Keterampilan Komunikasi: Menguasai komunikasi efektif dan mengembangkan empati (rasa peduli).
  5. Pengembangan Karakter: Menjunjung tinggi integritas, mengembangkan kepemimpinan positif, dan mendorong kemandirian.
  6. Pertumbuhan Pribadi: Merenungkan diri sendiri dan mendorong pertumbuhan pribadi berkelanjutan.
  7. Pengembangan Hubungan Sosial: Membangun hubungan sehat dan menyelesaikan konflik secara konstruktif (tersusun).

Sesi Perfotoan Bersama Tim ESQ dan Civitas PM Al-Aqsha.

Pelaksanaan praktik langsung dalam seminar tersebut merupakan jembatan untuk mengaplikasikan ESQ ini dalam situasi kehidupan nyata baik dilingkungan sekolah ataupun bermasyarakat, bertujuan membentuk individu santri dan santriwati dengan keseimbangan antara kecerdasan emosional dan spiritual sehingga dapat mencapai kebahagiaan dan keberhasilan dalam perjalanan hidup mereka. Harapan dari mengikuti kegiatan seminar tersebut agar santri dan santriwati semakin bijak dalam mengendalikan emosi, mengambil keputusan yang pasti serta menghindari tindakan Bullying yang menjadi marabahaya bagi semua guru-guru yang mengajar ataupun santri itu sendiri. (Muhammad Iqbal Azis)