Jatinangor – Tim Kurikulum Kulliyatul Mu’allimiin wal Mu’alimat Al-Islamiyyah (KMMI) Pondok Modern (PM) Al-Aqsha mengadakan seminar workshop strategi penataran “Mengajar Mengaji Al-Qur’an” dengan Metode Tilawati (Metode Selain buku Iqro) yang diikuti oleh Santri Kelas Akhir KMMI Angkatan Ali Umar. Kegiatan Tilawati ini diadakan di Masjid Jami’ Al-Aqsha dan Aula Lorong KMMI.

Pembelajaran mengaji dengan Metode Tilawati ini sebagai salah satu bentuk syiar PM Al-Aqsha dalam mencetak kader-kader guru dari santri agar mampu mempraktikan Metode Ngaji Tilawati kepada masyarakat sekitar baik dekat ataupun jauh agar memiliki minat untuk belajar mengaji. Tilawati bagi santri kelas 6 KMMI juga sebagai bekal kompetensi tatakala santri kembali ke masyarakat.

Praktek Mengajar Tilawati Santri KMMI Kelas 6 PM Al-Aqsha

“Terkesan santri kls 6 sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mereka merasa mendapatkan kegiatan yang sangat bermanfaat yaitu diberi bekal untuk.menimgkatkan kemampuan pribadi seperti cara atau strategi mengajar Al Qur’an. Wal Hamdulillah, zesuai dengan tipe pesantren kita dengan nama KMMI dan misi – visi Pondok Modern Al Aqsha,maka ini merupakan salah satu ilmu yang kita suguhkan kepada santri untuk.memenuhi kebutuhan kompetensi pribadi santri kita.
Semoga Allah memberikan keberkahanNya, Aamiin Al Afwu” Kata Al-Ustadz Mulyawan selaku Kabag KMMI PM Al-Aqsha.

Praktek Kelompok Lain Metode Pengajaran Al-Qur’an dengan Tilawati

Agenda pembelajaran Metode Tilawati diadakan pada Selasa (5/3/2024) sampai Rabu (6/3/2024) pada pukul 20.00 sebagai bentuk persiapan santri Akhir KMMI untuk mendapatkan pengalaman mengajar serta pembelajaran untuk santri itu sendiri ataupun dari warga sekitar dalam artian sama-sama belajar mengaji dengan Metode tersebut.

Metode ini sudah digunakan sejak tiga tahun yang lalu dari Angkatan Anshor (Angkatan Ke-3) PM Al-Aqsha sudah menjadi agenda dari Tim Kurikulum KMMI. Pemaparan materi dari Tilawati digelar pada hari pertama dan untuk hari kedua diisi dengan praktek pelatihan metode ngaji Tilawati. (Muhammad Iqbal Azis)