TANJUNGSARI – SMP Plus Al-Aqsha berhasil menjadi menjuarai beberapa perlombaan dalam kegiatan Lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), Festival Literasi Sekolah (FLS), dan Pasanggiri Basa Seni Sastra Sunda (PBS3) tingkat Wilayah 1 Kabupaten Sumedang. Pelaksanaan lomba tersebut dimulai pada hari Sabtu (29/6). Tujuan dari pengadaan kegiatan tersebut adalah agar potensi para siswa yang mengikuti lomba dari wilayah tersebut dapat tembus ke kancah tingkat nasional dalam literasi, penampilan seni, dan menuliskan karya seni dan menggali potensi santri terkhusus dalam bidang tersebut.

Dalam kegiatan lomba tersebut santri SMP Plus Al-Aqsha mendapatkan prestasi. Untuk kategori FL2SN, penampilan musik Tradisional dinobatkan sebagai Juara 2, partisipan yang terlibat dalam perlombaan tersebut diantaranya adalah Muhammad Nauval kelas 7H, Adli Muhammad (7H), Hilmy Zahran (7H), Muhammad Raihan (7H), dan Daffa Aditiya (7H) yang dibimbing oleh Kang Fahmi dan Cecep Saepudyen, S.Pd.I. selaku pembimbing yang menguasai dibidang musik tradional.

Santri Al-Aqsha Hafidz Zamzam (Pojok Kanan) mendapatkan Prestasi sebagai Juara 2 lomba PBS3

Untuk Kategori FLS, beberapa santri mendapatkan prestasi diantaranya Satria Leviatan (7F) sebagai juara 1 di bidang Story Telling, Shabirah Mumtazah (8C) dibidang “Cipta Puisi” sebagai juara 3, dan Raissa Naifah 7C sebagai juara harapan 2 lomba Story Telling. Perlombaan FLS tersebut dibimbing oleh Nur Milah Emalia, S.Pd, Asep Awaludin, S.H.I, Niko Wala Pane, S.Hum dan Asoh, S. Ag. Selaku pengajar dalam bidang literasi.

SMP Plus Al-Aqsha juga meraih prestasi untuk lomba PBS3, diantaranya Hafidz Zamzam (8F) sebagai juara 2 di lomba Biantara (Pidato), Ramdhi Qurrata A’yun sebagai juara 2 lomba Nulis Carpon, Rafi Anugrah (7J) dibidang Borangan. Perlombaan PBS3 dibimbing oleh Nissa Rachmawati, S.Pd, Jajang Rahmat, S.Sos.I, Ust Encep Dadi Lukman, S, Hum. selaku guru ahli dibidang Basa Sunda.

Untuk juara harapan satu dimenangkan oleh Azkia Nabila (8A) dibidang Aksara Sunda, dan Hadiarti untuk perlombaan Biantara. Juara harapan dua lomba PBS3 diraih oleh Muhammad Rizky (7H) untuk lomba Tembang Pupuh, Muhammad Faiza (7F) untuk lomba Maca Sajak, dan Salsabila Apriliza (8D) untuk lomba Nulis Carpon. Sedangakan juara harapan 3 didapat oleh Riskika Deafanka (8D) untuk lomba Tembang Pupuh, Arvina Nurul (7D) untuk lomba ngadongeng dan Andrian Syahroni (7H) dibidang lomba Aksara Sunda.

Megenai persiapan lomba FL2SN, FLS, dan PBS3, para peserta lomba dari Santri SMP Plus Al-Aqsha melaksanakan karantina selama 8 hari yang dimulai sejak perpulangan santri pada Rabu (20/6) untuk melakukan pematangan materi dan skill untuk mengikuti perlombaan tersebut. Kegiatan karantina tersebut diawasi oleh Al-Ustadz Muhammad Abdullah Adzim S.Ag dan Ustadzah Farhaliza agar santri terkontrol ketika masa karantina untuk lomba tersebut. Untuk menghilangkan penat santri saat karantina, santri dibolehkan membawa HP diiringi dengan pengawasan dan controlling yang ketat agar santri tidak terlena dengan gadget. (Muhammad Iqbal Azis)